Springbed Kena Ompol? Ini Cara Mudah Membersihkannya!

Ketika springbed Anda terkena ompol, hal tersebut bisa menjadi momen yang tidak menyenangkan. Tumpahan cairan seperti air, minuman, atau bahkan urine dapat membuat springbed terasa kotor dan tidak nyaman saat kita gunakan. Namun Anda tidak perlu khawatir dan panik, pada  artikel kali ini, akan membahas cara mudah cuci springbed yang terkena ompol. 

Dengan tips sederhana yang akan diberikan, Anda dapat menghilangkan noda dan bau tidak sedap, serta mengembalikan kesegaran springbed Anda seperti baru. Jadi, jika Anda sedang menghadapi masalah seperti ini, ikuti panduan praktis ini dan biarkan springbed Anda tetap bersih, nyaman, dan siap untuk memberikan tidur yang berkualitas.

Tips & Trik Cara Mudah Membersihkan Springbed 

Berikut ini merupakan beberapa tips & trik cara mudah membersihkan springbed yang terkena ompol yang dapat Anda tiru. 

Gunakan Kain Untuk Menyerap Sisa Ompol

cuci springbed

Sisa-sisa ompol yang menempel pada kasur springbed, dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kelembaban sebanyak mungkin. Tujuannya adalah untuk menghindari agar cairan ompol tidak meresap ke dalam kasur. Cara membersihkan cairan ompol dengan menggunakan kain bersih sebagai berikut : 

  • Tempatkan kain di atas noda ompol

Letakkan kain bersih tersebut di atas noda ompol dan pastikan Anda sudah menutupi seluruh area yang terkena ompol. Tekan dengan lembut agar cairan ompol dapat diserap dengan baik oleh kain tersebut. 

  • Tekan dan tepuk-tepuk kain

Tepuk-tepuk secara perlahan dengan menggunakan tangan Anda atau benda datar lainnya untuk membantu proses penyerapan cairan oleh kain. Pastikan untuk tidak menggosok atau mengucek kasur springbed Anda dengan kasar, karena hal itu dapat membuat noda akan menyebar kemana-mana dan akan sulit untuk dihilangkan. 

  • Ganti kain jika diperlukan

Jika kain yang sebelumnya Anda gunakan sudah terlalu basah atau sudah tidak dapat menyerap ompol lagi, ganti kain tersebut dengan kain yang bersih dan kering. Ulangi langkah-langkah sebelumnya sampai sebagian besar cairan ompol terangkat dari kasur springbed Anda.

Namun, menggunakan kain hanya untuk menyerap sisa ompol dan tidak membersihkan noda secara menyeluruh pada kasur springbed Anda. 

Cuci Springbed Menggunakan Baking Soda

cuci springbed

Setelah proses pembersihan kasur springbed selesai, Anda dapat menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau akibat dari cairan ompol. Berikut adalah cara menggunakan soda kue yang dapat digunakan untuk mengurangi bau yang tak sedap pada kasur springbed Anda. 

  • Taburkan baking soda di atas area yang terkena ompol

Taburkan secara merata di seluruh area permukaan kasur yang terkena ompol.

  • Biarkan baking soda bekerja

Biarkan baking soda yang sudah ditaburkan di atas noda bekerja selama beberapa jam. Selama waktu ini baking soda akan menyerap bau yang ada di kasur

  • Gunakan vakum atau sikat lembut

Setelah itu, gunakan vakum atau sikat yang lembut untuk menghilangkan baking soda. Pastikan Anda menyedot baking soda dari seluruh area yang terkena ompol. 

  • Periksa kebersihan kasur

Setelah Anda membersihkan baking soda, periksalah kasur Anda untuk memastikan area yang terkena ompol tersebut sudah tidak memiliki bau yang tak sedap.

Penggunaan baking soda ini hanya dapat untuk menghilangkan bau yang tak sedap saja, Anda mungkin juga perlu menggunakan metode pembersihan yang lebih intensif seperti penggunaan larutan pembersih atau deterjen cair.

Larutan Pemutih

Larutan pemutih dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda ompol di kasur. Namun, Anda harus ingat jika larutan pemutih harus digunakan dengan hati-hati. Berikut akan dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam penggunaan larutan pemutih untuk membersihkan ompol di kasur springbed Anda.

  • Aplikasikan larutan pemutih

Gunakan spons atau kain bersih yang sudah dibasahi dengan larutan pemutih dan peras kain atau spons yang digunakan tersebut agar tidak terlalu basah. Gosok lembut area yang terkena ompol. Hindari gosokkan yang terlalu keras agar tidak merusak bahan kasur.

  • Biarkan selama beberapa waktu

Setelah Anda mengaplikasikan larutan pemutih, biarkan selama beberapa waktu agar larutan pemutih itu dapat bekerja dalam menghilangkan noda ompol. 

  • Bilas dengan air bersih

Bilas area yang telah diberi larutan pemutih dengan air bersih. Anda dapat menggunakan spons atau kain bersih yang dibasahi air untuk membilasnya. 

  • Keringkan dengan baik

Setelah dibersihkan, pastikan kembali jika kasur Anda sudah benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Namun, jika Anda tidak yakin membersihkan kasur springbed Anda sendiri, Anda dapat berkonsultasi dengan tim yang ahli dalam jasa cuci kasur springbed.

Cuci Springbed Menggunakan Deterjen & Pewangi Pakaian

cuci springbed

Untuk membersihkan noda dan menghilangkan bau pada springbed yang terkena ompol Anda dapat memanfaatkan deterjen dan pewangi pakaian Anda. Cara membersihkan noda dan bau ompol menggunakan deterjen dan pewangi pakaian adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama larutkan deterjen dengan air hangat, pastikan Anda mengikuti panduan penggunaan deterjen pada kemasan deterjen, lalu selanjutnya aduk larutan hingga tercampur.
  • Gunakan spons atau kain bersih yang telah direndam dalam larutan deterjen, lalu perlahan-lahan usapkan pada noda ompol pada springbed. Pastikan Anda menggosok dengan lembut agar tidak merusak bahan atau memperluas noda. Lanjutkan hingga noda terangkat.
  • Setelah Anda merasa noda sudah mulai hilang bersihkan sisa deterjen menggunakan kain yang telah direndam air bersih, usapkan kain tersebut ke springbed pastikan tidak ada sisa deterjen yang masih berada di springbed. 
  • Setelah itu biarkan springbed mengering.
  • Setelah springbed benar-benar mengering, Anda dapat menggunakan pewangi pakaian dengan cara menyemprotkan pewangi ke springbed.

Pastikan untuk selalu membaca petunjuk pencucian yang tertera pada label springbed dan bahan pembersih yang digunakan. Dengan perawatan yang tepat, springbed Anda akan tetap bersih, nyaman, dan memberikan kualitas tidur yang optimal.

Gunakan Alkohol 70%

cuci springbed

Salah satu solusi yang dapat Anda coba ketika ingin membersihkan springbed adalah dengan menggunakan alkohol 70%, alkohol 70% memiliki sifat antimikroba yang dapat menghilangkan noda dan juga bau yang tidak sedap yang disebabkan oleh ompol. Cara membersihkan noda ompol menggunakan alkohol:

  • Langkah pertama tuangkan alkohol ke permukaan yang terkena ompol
  • Selanjutnya usap secara perlahan lalu diamkan hingga cairan alkohol terserap.
  • Setelah cairan terserap dan kering bersihkan sisa-sisa alkohol menggunakan kain yang sudah direndam air bersih.
  • Anda juga dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan dan membersihkan sisa-sisa alkohol yang masih ada.

Dengan menggunakan alkohol 70%, Anda dapat membersihkan springbed yang terkena ompol dengan cepat dan efektif. Pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan kulit saat menggunakan alkohol dan pastikan ruangan tercukupi sirkulasi udara saat melakukan pembersihan. 

Hubungi Jasa Cuci Springbed

cuci springbed

Yang terakhir adalah Anda dapat menghubungi jasa cuci springbed, jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah diatas tetapi noda ompol tak kunjung menghilang dan bau masih membekas di springbed Anda dapat menghubungi layanan cuci springbed terdekat Anda untuk membersihkan noda ompol springbed Anda. 

Jasa cuci springbed sudah menggunakan alat yang canggih dan tenaga kerja yang ahli dalam hal cuci springbed. Dengan hal tersebut membersihkan springbed akan lebih cepat dan efisien. Pastikan untuk memilih jasa cuci springbed yang berpengalaman, jika Anda tidak tepat dalam memilih jasa cuci springbed hal yang tidak diinginkan dapat terjadi pada springbed Anda seperti bahan springbed akan menjadi rusak, springbed tidak tahan lama, dan masih banyak yang lainnya. Maka pastikan Anda untuk memilih jasa cuci springbed yang sudah profesional dalam bidangnya. 

Artikel terbaru

Rekomendasi Jasa Cuci Springbed Pekalongan Profesional – Cara…

Springbed Kena Ompol? Ini Cara Mudah Membersihkannya!

Kategori